Cara Mengatasi Jurnal Error 450 pada OJS 3

Assalamualaikum

Sudah lama sekali saya tidak menulis pada blog ini, kesibukan sebagai jurnal manager dan aktivitas dikampus membuat tak sempat lagi memikirkan mengisi blog ini.

Hari ini (19-05-2018) saya dapat laporan dari salah satu jurnal di Universitas Pahlawan Tuaku Tambusai, bahwa jurnalnya tidak bisa diakses, dan saya coba akses ternyata tidak bisa, tertulis error 450. di Kampus kami ada 12 Jurnal yang aktif dan hanya Jurnal doppler yang tidak bisa diakses.

Saya mencoba menerapkan trik yang pernah saya terapkan pada jurnal obsesi yang kebetulan pernah mengalami hal yang sama,yaitu ;
1. Masuk sebagai Admin
2. Hosted Journal
3. Pilih jurnal yang error
4. Ganti Path nya (waktu itu Path obsesi saya ubah menjadi JO)
5. Akses path baru tersebut
Setelah itu saya lakukan ternyata berhasil jurnal obsesi bisa diakses kembali
Selanjutnya saya coba ubah kembali menjadi semula (path obsesi) dan berhasil diakses

Pengalaman diatas saya terapkan di Jurnal yang mengalami error 450 namun tidak berhasil, saya coba masuk ke cpanel nya dan menelisik file fle yang diubah hari ini, error log, htaccess, data jurnal dan lain-lain, namun tetap saja nihil hasilnya.

Pengalaman pada kejadian beberapa bulan lalu, ada file yang dikirim melalui akun mencurigakan yang berisi gambar Hacker dan file lainnya, namun waktu itu tidak sampai bisa menembus untuk memblokir akses jurnal karena sudah dilakukan pencegahan sesuai dengan system keamanan yang pernah diajarkan saat pelatihan di Relawan Jurnal Indonesia (RJI)

sampai akhirnnya saya ingat pesan dari kawan Relawan Jurnal Indonesia (RJI) untuk melakukan langkah-langlah ini
1. Masuk sebagai administrator
2. Klik 3 Clear seperti nampak pada gambar dibawah ini


Langkah-langkah ini bukan menjadi jaminan Jurnal bisa pulih, namun laing tidak upaya ini bisa dilakukan dan kalau belum berhasil dengan cara ini, mungkin ada cara lain lagi yang saya belum tau, Silahkan tuliskan komentar dibawah jika anda mengalami hal yang sama.

Wassalamualaikum

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »